"Materi Teknik Informatika"

Ringkasan Film The Pirates Silicon Valley | Coretan TI

Secara keseluruhan, film ini menceritakan persaingan antara Steve Jobs dan Steve Wozniak yang merupakan orang penting atas berdirinya Apple Computer dengan Bill Gates, Paul, dan Ballmer yang merupakan orang-orang penting terhadap berdirinya Microsoft Corporation.

Pada bagian awal diceritakan dari sebuah Universitas Berkeley di California, dimana Steve Jobs dan Steve Wozniak melanjutkan kuliahnya. Pada tahun 1971 terjadi demo yang menuntut kebebasan berbicara dan menentang keterlibatan AS dalam perang Vietnam. Pada saat itulah Steve dan Woz melakukan sebuah eksperimen.

Mereka membuat sebuah kotak biru seperti telepon jaman dulu tetapi bisa menelpon gratis, karena kotak biru ini mempunyai teknolgi yang sama dengan peralatan jarak jauh milik AT&T. Saat itulah Steve Jobs berambisi untuk mengembangkan dan menjual kotak biru ini. Pada suatu hari mereka hampir ditangkap polisi karena kotak birunya tersebut. Dan setelah kejadian itu, Woz mulai berfikir untuk usaha yang baru, karena menurutnya usaha yang dilakukannya itu lebih aman dari pada menjual kotak biru yang beresiko.

Akhirnya Woz dan Steve membuat komputer pertamanya. Pada saat pembuatan komputer pertamanya, komputer mereka terbakar karena mengalami konsleting kabel. Hal tersebut tidak membuat mereka menyerah, namun semakin terpacu untuk membuat ide-ide besar yang akan membawa perubahan besar pada dunian dalam dunia teknologi. Dalam perjalanan usaha mereka tidak berjalan mulus begitu saja, dari awal perjalanan saja mereka mengalami kebangkrutan, dan mereka memutuskan untuk menghentikan dahulu usaha komputernya selama satu minggu, dan mereka mencari pekerjaan untuk menambah modal biaya usaha mereka dengan menjadi badut ajakan dari Arlene pacar dari Steve. Tidak ketinggalan Woz pun ikut dalam pekerjaan tersebut, namu Steve tidak menyukai pekerjaan tersebut yang membuatnya seperrti Alice in The Wonderland.

Sementara itu, disisi lain Bill Gates dan rekan-rekannya sedang menjalani dan menikmati hidup yang begitu santainya, namun juga tetap berusaha mengembangkan Microsoft, tetapi saat itu belum banyak yang mengenal nama perusahaan kecil mereka itu. Kemudian pada suatu saat, mereka melihat peluang untuk membuat bahasa pemrograman yang akan mereka jual ke erusahaan MITS yang memproduksi ALTAIR di Albuqurque. Pada saat itulah Paul lah yang pertama kali datang ke perusahaan untuk menawarkan bahasa pemrograman, yaitu berupa bahasa FORTRAN yang gunanya untuk mengoperasikan ALTAIR. Usaha mereka tidaklah sia-sia karena MITS menerima hasil karya mereka dan memberikan mereka hadiah. Namun Bill Gates khawatir pihak MITS mengettahui bahwa kantor mereka hanyalah motel dngan keadaan kumuh dan tidak layak untuk ditempati dan mereka hanya memiliki duakaryawan saja di motel tersebut.

Dilain sisi, Steve dan Woz lebih memukau dunia dengan membuat prototype sebuah komputer.  Mereka memamerkan komputernya yang dilengkapi dengan monitor dalam sebuah group pecinta komputer sdan mendapatkan order pertama 50 unit. Mereka berdua beruntung juga, setelah berkali-kali mencari modal baik berupa pinjaman dari Bank serta menjual mobilnya, akhirnya suatu hari datanglah Mike Marluka, seorang Pegawai Intel Corporation. Saat itu dia tengah mencari peluang bisnis dan menawarkan 250 ribu dollar untuk proyek Apple, merekapun memulai proyek Apple dengan lebih profesional, hingga pada suatu hari disebuah pameran komputer Apple benar-benar membuat para pengunjung terpukau dengan hasil karya dan kagum akan komputer Apple. Dari sinilah Apple bermula dan berkembang cpat hingga mereka mampu mendirikan kantor dan mmenerbitkan Apple II ke pasar yang mampu bersaing dengan IBM.

Sementara itu Bill Gates masih berkutat dengan Microsoft belum bisa tumbuh seperti yang diharapkannya. Melihat Apple yang telah sukses dan membuat IBM seperti kalah bersaing, Bill Gates pun berfikir, bagaimana caranya agar IBM membutuhkannya. Akhirnya Bill Gates membuat karya yang besar dengan memutuskan untuk bekerja sama dengan IBM. Merekapun segera menjalankan niat tersebut dengan mendatangi kantor IBM, Bill Gates menawarkan seperangkat sistem operasi yang dia klaim mampu berintegrasi dengan komputer buatan IBM. Yang ia namai dengan sebutan DOS (Disk Operating System). Namun sebenarnya Bill Gates tak pernah membuat satu sistem operasi apapun. Dengan pintarnya Bill Gates dengan bantuan Paul berhasil membeli sistem operasi dari Seatle dengan harga 50 ribu dollar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjual ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Dari sinilah Microsoft mulai dikenal. Steve Jobs pun tak mau kalah, untuk bisa terus menyalip IBM di pasar komputer ia butuh lebih dari sekadar inovasi biasa. Untuk tetap bisa menguasai pasar, Apple menerbitkan Lisa, komputer ini ia beri nama dari nama anak pertamanya. Lalu dengan kepintarannya Steve memanfaatkan proyek gagal dari perusahaan Xerox berupa teknologi mouse dan GUI ( Graphic user interface). Ia berusul untuk pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama Macintosh.

Mengetahui komputer keluaran terbaru dari Apple yaitu Lisa, Bill Gates tak bisa diam. Dia mengambil langkah berani dengan mengajak Steve bekerja sama, dengan tujuan utama mempelajari teknologi Grafis dan Sistem Operasinya. Sungguh beruntung Bill Gates dan rekan-rekannya, niatnya hanya menginginkan Lisa, namun Macintosh pun diperolehnya juga, Microsoft mendapatkan 3 prototype dari Apple. Akhirnya Microsoft saat itu belum ada apa-apa dibandingkan Apple yang dapat sesuka hati mengutak-atik prototype Macintosh Apple yang baru akan diliris setahun kemudian, hal ini disebabkan karena pengakuan Bill Gates bahwa IBM selaku saingan Apple menginginkan produk dari Microsoft, sehingga Steve pun harus sedikit khawatir dengan IBM dan akhirnya menerima Microsoft tanpa memikirkan resiko yang akan timbul seperti pada kenyataannya. Bill Gates secara diam-diam memodifikasi sistem operasi dan teknologi Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Windows, padahal saat itu Macintosh belum diluncurkan. Tapi karena kelihaian Bill Gates dapat mengelabui Apple, dari situlah Microsoft bekembang pesat dan jutru menjadi saingan berat bagi Apple.

Sementara itu pihak Apple sendiri justru terjadi persaingan antara Macintosh Developers dan Apple II Developers, tapi Steve  malah menganggap hal seperti ini sebagai sesuatu yang hebat, dan dia menganggap macintosh adalah yang terbaik diantara pendahulunya yaitu Lisa dan Apple II. Bagi orang pada umumnya saat itu dapat dikata bahwa Apple menghancurkan dirinya sendiri. Akhirnya suatu hari Steve  dipecat dari Apple, yang pada saat itu John Sculley yang menjadi Presiden di Perusahaan Apple. Steve dianggap membawa dampak buruk bagi kelanjutan Apple, namun semenjak ditinggal Steve Apple justru dapat dibilang kurang Inovatif, maka pada tahun 1997  Steve Jobs dipanggil lagi untuk bekerja secara resmi dengan Apple.

Dan di akhir cerita, Bill gates telah menjadi orang terkaya di dunia dan telah juga memiliki saham Apple Computer .



0 komentar:

Posting Komentar

Next Posting Lama
Ringkasan Film The Pirates Silicon Valley | Coretan TI